Jauh di Mata, Dekat di Hati (episode 2)

May 11, 2013   //   by bangjeki   //   Article  //  No Comments

Dalam episode sebelumnya, saya sudah membahas tentang untungnya Long Distance Relationship (LDR) dan kesesuaian dirimu dengan jenis relasi pacaran LDR. Marilah kita sambung. Sebelum menjalani LDR atau saat sedang menjalaninya, diskusikanlah 3 topik ini: panduan berkomunikasi, batasan, dan janji tetap terlibat.

Diskusi LDR tentang panduan berkomunikasi meliputi kesepakatan tentang bertelepon, berdiskusi, dan cara-cara lain berkomunikasi. Tidak semua pelaku LDR menyadari betul seberapa banyak mereka butuh berkomunikasi dengan pasangan untuk dapat merasa nyaman dan terhubung. Karenanya, diskusikanlah (dan sepakatilah) jadwal tetap bertelepon, waktu dan durasinya, berkomunikasi via situs jejaring sosial, dan kesepakatan lainnya. Diskusikanlah juga bagaimana cara pasangan untuk mengekspresikan emosi, terutama bagi pria, saat kalian lebih banyak berkomunikasi dengan bantuan alat komunikasi.

Diskusi LDR berikutnya adalah tentang batasan. Bagaimana jika salah satu hendak pergi dengan teman? Dengan pria/wanita lain? Apa batasan dan kesepakatan kalian saat ada hal-hal yang dapat memicu pertengkaran nantinya. Semisal sepakat untuk memberitahu saat hendak pergi ke suatu tempat, dengan siapa, dan urusan apa. Sepakat untuk memberitahukan saat sudah berada di rumah atau malah pergi ke tempat lainnya.

Diskusi LDR berikutnya adalah tentang bagaimana agar pasangan tetap merasa terlibat dalam hidup pasangannya. Saking sibuknya dengan kegiatan sehari-hari, pasangan LDR sering lupa untuk menjaga kontak dengan pasangan. Diskusikanlah bagaimana mengatasinya, bagaiman mengantisipasi saat-saat dimana sala hsatu atau kedua saling membutuhkan, bagaimana mengambil keputudan penting dengan melibatkan pasangan, dan hal-hal lain.

Beberapa tips untuk mempertahankan pacaran LDR adalah sebagai berikut:

  • Tips #1: tinggalkan imej positif pada pasangan saat ia hendak pergi meninggalkan kita. janganlah bertengkar di hari terakhir ketemu atau sebelum berangkat.
  • Tips #2: terbukalah pada pasangan tentang perasaanmu, baik saat bertemu maupun saat berjauhan. Jujur dan bertengkar lebih baik daripada nggak jujur dan adem ayem.
  • Tips #3: bekerja keraslah untuk saling memahami. Selaraskanlah antara apa, bagaimana, dan kapan kamu berbicara dengan pasanganmu.
  • Tips #4: tampilkan dirimu apa adanya, bukan ada apanya. Kenali pasanganmu dengan bertanya dan berdiskusi.
  • Tips #5: ciptakan dimensi fisik. Bisa dengan mengelilingi dirimu dengan barang-barang miliknya. Bisa juga dilakukan lewat mensinkronkan aktivitas (contoh: sarapan di waktu sama)
  • Tips #6: jagalah LDR-mu baik-baik. Jangan lakukan apapun yang kamu sendiri tak akan lakukan saat ia ada bersamamu.

Selamat menjalani rimba LDR. Apa yang diusahakan sungguh-sungguh akan menguatkan lebih pribadi dan pasangan.

Sumber : The Long-Distance Relationship Survival Guide – Chris Bell dan Kate Brauer-Bell; The Long Distance Relationship Guidebook  - Sylvia Julann Shipp.

Leave a comment


+ two = 10

Login Status

You are not currently logged in.

We tweet, we tweet...

  • ,